Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam - Hallo sahabat cactusroof, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Kajian Pustaka,
Artikel Pendidikan Agama, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
link : Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Sesuai dengan materi kriteria dan materi pengajar, guru harus mempunyai kualifikasi kompetensi tertentu sesuai dengan bidang kiprah dan balasannya sanggup menghasilkan lulusaan yang bermutu. Adapun kualifikasi kompetensi guru yang harus dimiliki menurut Peraturan Pemerintah (PP) RI No.19 tahun 2005 yakni sebagai berikut:
1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik yakni kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap akseptor didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan pengembangan akseptor didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya. Jadi, dalam kaitannya dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu kemampuan guru PAI dalam mengajarkan watak melalui perencanaan pembelajaran menyerupai sumbangan teori serta penilaian yang terselubung dalam acara berguru mengajar dikelas, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
2. Kompetensi Kepribadian
Merupakan kondisi guru sebagai individu yang mempunyai kepribadian yang mantap sebagai pola seorang pendidik yang beriwaba. Adapun kompetensi kepribadian ini meliputi banyak sekali aspek yakni mempunyai kepribadian sebagai pendidik yang layak diteladani, dan mempunyai sikap serta kemampuan kepemimpinan dalam interaksi yang bersifat demokratis dalam mengayomi akseptor didik. Kaprikornus dalam hubungannya dengan kiprah guru PAI, yaitu dalam memperlihatkan bimbingan moral, guru harus mempunyai kepribadian yang sanggup dijadikan teladan oleh siswa dikelas. Dengan kata lain, baiknya kepribadian seorang guru dalam mengajar, akan kuat baik pula bagi siswa yang diajarnya.
3. Kompetensi Profesional
Merupakan penguasaan materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang studi atau mata pelajaran yang akan diberikan kepada akseptor didik dengan memakai sistem intruksional dan taktik pembelajaran yang tepat. Kompetensi profesional ini mencakup:
4. Kompetensi Sosial
Kaitannya dengan efek kiprah guru terhadap pelatihan watak merupakan kemampuan guru sebagai bab dari suatu kelompok sosial yang bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan akseptor didik, sesama guru, orang renta atau wali akseptor didik serta masyarakat sekitar dalammemberikan pendidikan moral. Adapun aspek-aspek dalam kompetensi ini meliputi:
Anda sekarang membaca artikel Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dengan alamat link https://cactusroof.blogspot.com/2010/06/memahami-4-kompetensi-guru-pendidikan.html
Judul : Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
link : Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik yakni kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap akseptor didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan pengembangan akseptor didik untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya. Jadi, dalam kaitannya dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu kemampuan guru PAI dalam mengajarkan watak melalui perencanaan pembelajaran menyerupai sumbangan teori serta penilaian yang terselubung dalam acara berguru mengajar dikelas, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
2. Kompetensi Kepribadian
Merupakan kondisi guru sebagai individu yang mempunyai kepribadian yang mantap sebagai pola seorang pendidik yang beriwaba. Adapun kompetensi kepribadian ini meliputi banyak sekali aspek yakni mempunyai kepribadian sebagai pendidik yang layak diteladani, dan mempunyai sikap serta kemampuan kepemimpinan dalam interaksi yang bersifat demokratis dalam mengayomi akseptor didik. Kaprikornus dalam hubungannya dengan kiprah guru PAI, yaitu dalam memperlihatkan bimbingan moral, guru harus mempunyai kepribadian yang sanggup dijadikan teladan oleh siswa dikelas. Dengan kata lain, baiknya kepribadian seorang guru dalam mengajar, akan kuat baik pula bagi siswa yang diajarnya.
3. Kompetensi Profesional
Merupakan penguasaan materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang studi atau mata pelajaran yang akan diberikan kepada akseptor didik dengan memakai sistem intruksional dan taktik pembelajaran yang tepat. Kompetensi profesional ini mencakup:
- Penguasaan materi pembelajaran atau bidang studi yang meliputi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara teriris dan praktis.
- Penguasaan pengetahuan cara mengajar dan kemampuan melaksanakannya secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan wacana cara dan proses berguru dan bisa membimbing akseptor didik secara berkualitas.
- Memiliki pengetahuan dan pemahaman professional mengenai prilaku individu dan kelompok dalam masa perkembangan dan bisa melaksanakannya dalam proses pembelajaran untuk kepentingan akseptor didik, termasuk acara bimbingan.
- Menguasai pengetahuan kemasyarakatan dan pengetahuan umum yang memadai.
- Menguasai kemampuan mengevaluasi hasil atau prestasi berguru akseptor didik secara obyektif.
Jadi, dalam kaitannya dengan guru pendidikan agama islam yaitu merupakan penguasaan materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang studi atau mata pelajaran yang akan diberikan kepada akseptor didik dengan memakai sistem intruksional dan taktik pembelajaran yang sempurna dalam memperlihatkan pelatihan watak tersebut.
4. Kompetensi Sosial
Kaitannya dengan efek kiprah guru terhadap pelatihan watak merupakan kemampuan guru sebagai bab dari suatu kelompok sosial yang bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan akseptor didik, sesama guru, orang renta atau wali akseptor didik serta masyarakat sekitar dalammemberikan pendidikan moral. Adapun aspek-aspek dalam kompetensi ini meliputi:
- Memiliki sikap yang terpuji dengan sikap dan kepribadian yang menyenangkan dalam pergaulan disekolah dan masyarakat.
- Memiliki kemampuan menghormati dan menghargai orang lain khususnya akseptor didik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
- Memiliki ahlak yang mulia sesuai agama yang dianut.
Dari keempat kompetensi di atas, kompetensi kepribadian yang berafiliasi eksklusif dengan pembentukan watak anak didik dan dekat kaitannya dengan kiprah guru pendidikan agama islam. Guru harus menjadi teladan dan memperlihatkan pola yang baik dari segala sisi kepada anak didik alasannya yakni apa yang kita berikan sanggup ditiru anak didik.
Demikian uraian empat kompetensi guru khususnya dikaitkan dengan kompetensi guru pendidikan agama islam .
Demikianlah Artikel Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Sekianlah artikel Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dengan alamat link https://cactusroof.blogspot.com/2010/06/memahami-4-kompetensi-guru-pendidikan.html