Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar - Hallo sahabat cactusroof, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Aneka Pengertian,
Artikel Teori Belajar dan Pembelajaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
link : Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
Definisi atau pengertian pembelajaran kontekstual secara umum belum disepakati oleh para ahli, namun berkaitan dengan dasar dan unsur-unsur kuncinya lebih banyak disepakati. Dewasa ini pembelajaran kontekstual telah berkembang di negara-negara maju dengan banyak sekali nama. Di negeri Belanda berkembang apa yang disebut dengan Realistic Mathematic Education (RME) yang menjelaskan bahwa pembelajaran matematika harus dikaitkan dengan kehidupan faktual siswa. Di Amerika berkembang apa yang disebut Contexstual Teaching and Learning (CTL) yang pada dasarnya membantu guru untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan mereka. Sementara itu di Michigan juga berkembang Connected Mathematic Projec (CMP) yang bertujuan mengintegrasikan wangsit matematika ke dalam konteks kehidupan faktual dengan impian siswa sanggup memahami apa yang dipelajarinya dengan baik dan mudah.
Kontekstual ialah salah satu prinsip pembelajaran yang memungkinkan siswa berguru dengan penuh makna. Yang dimaksud konteks disini ialah tujuan, isi, sumber, target, guru, metode, hasil,kematangan, dan lingkungan.
Dari banyak sekali definisi di atas sanggup disimpulkan bahwa pengertian pembelajaran kontekstual ialah konsep berguru dimana guru menghadirkan dunia faktual ke dalam kelas dan mendorong siswa menciptakan kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan dilema dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat.
Anda sekarang membaca artikel Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar dengan alamat link https://cactusroof.blogspot.com/2010/09/pengertian-pembelajaran-kontekstual.html
Judul : Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
link : Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
Pengertian Pembelajaran Kontekstual - Contextual Teaching and Learning atau yang dikenal dengan pembelajaran kontekstual merupakan konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara bahan yang diajarkan dengan situasi dunia faktual siswa dan mendorong siswa menciptakan kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat (Umbara, 2006).
Pembelajaran Kontekstual dirancang dan dilaksanakan menurut landasan filosofis Kontruktivisme yaitu filosofi berguru yang menekankan bahwa berguru tidak hanya sekedar menghafal. Siswa harus mengontruksi pengetahuan di benak pikiran mereka, sebab pada dasarnya pengetahuan tidak sanggup dipisah-pisahkan menjadi fakta atau proporsi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang sanggup diterapkan.
Pembelajaran Kontekstual dirancang dan dilaksanakan menurut landasan filosofis Kontruktivisme yaitu filosofi berguru yang menekankan bahwa berguru tidak hanya sekedar menghafal. Siswa harus mengontruksi pengetahuan di benak pikiran mereka, sebab pada dasarnya pengetahuan tidak sanggup dipisah-pisahkan menjadi fakta atau proporsi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang sanggup diterapkan.
Definisi atau pengertian pembelajaran kontekstual secara umum belum disepakati oleh para ahli, namun berkaitan dengan dasar dan unsur-unsur kuncinya lebih banyak disepakati. Dewasa ini pembelajaran kontekstual telah berkembang di negara-negara maju dengan banyak sekali nama. Di negeri Belanda berkembang apa yang disebut dengan Realistic Mathematic Education (RME) yang menjelaskan bahwa pembelajaran matematika harus dikaitkan dengan kehidupan faktual siswa. Di Amerika berkembang apa yang disebut Contexstual Teaching and Learning (CTL) yang pada dasarnya membantu guru untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan mereka. Sementara itu di Michigan juga berkembang Connected Mathematic Projec (CMP) yang bertujuan mengintegrasikan wangsit matematika ke dalam konteks kehidupan faktual dengan impian siswa sanggup memahami apa yang dipelajarinya dengan baik dan mudah.
Kontekstual ialah salah satu prinsip pembelajaran yang memungkinkan siswa berguru dengan penuh makna. Yang dimaksud konteks disini ialah tujuan, isi, sumber, target, guru, metode, hasil,kematangan, dan lingkungan.
Dari banyak sekali definisi di atas sanggup disimpulkan bahwa pengertian pembelajaran kontekstual ialah konsep berguru dimana guru menghadirkan dunia faktual ke dalam kelas dan mendorong siswa menciptakan kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan dilema dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat.
Sumber:
- Republik Indonesia, Undang-Undang Sisdiknas (Bandung:Citra Umbara, 2006), hlm. 5
- Nurhadi dan Gerrad Senduk Agus, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003), hlm.11
Demikianlah Artikel Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar
Sekianlah artikel Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar dengan alamat link https://cactusroof.blogspot.com/2010/09/pengertian-pembelajaran-kontekstual.html